Ketahui Tips Mudah Mengendarai Mobil Manual yang Bisa Anda Terapkan Berikut Ini!


Mobil menjadi salah satu jenis kendaraan yang cukup banyak kita jumpai di Indonesia. Banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan yang satu ini untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Meskipun harganya jauh lebih mahal dibandingkan jenis kendaraan lainnya, seperti sepeda motor, sepeda, dll, namun menggunakan mobil memang memiliki banyak keunggulan tersendiri. Sebut saja seperti mampu mengangkut banyak penumpang atau barang, bisa terhindar dari sengatan panas matahari dan hujan, serta bisa memberikan nilai prestigious tersendiri ketika mengendarainya.

 

Untuk bisa mengendarai mobil terbilang tidak sesederhana seperti mengendarai sepeda motor. Namun tentunya masih bisa dipelajari asalkan Anda sungguh-sungguh ketika berlatih mengemudikannya. Bagi Anda yang ingin belajar mengemudikan mobil, ada baiknya untuk mulai dari menggunakan mobil manual. Jika Anda sudah menguasai cara mengemudikan mobil manual, nantinya untuk belajar mengemudikan mobil matic akan jauh lebih mudah. 

 

Memang untuk di kota-kota besar, umumnya banyak pengendara yang lebih menyukai jenis mobil bertransimisi otomatis atau mobil matic dibandingkan dengan manual. Hal ini dikarenakan kondisi jalanan perkotaan yang cenderung lebih sering mengalami macet dan membuat kaki terasa cepat pegal jika harus menginjak kopling terus-menerus ketika menggunakan mobil bertransmisi manual. Berbeda dengan mobil matic, dimana kaki bisa lebih beristirahat. Sehingga tak heran jika banyak yang memilih belajar menggunakan mobil matic dibandingkan dengan mobil manual.

 

Selain itu, bagi sebagian orang juga beranggapan untuk mengendarai mobil manual memerlukan keahlian terlatih dan dinilai sulit untuk dipelajari. Alhasil tak sedikit dari mereka yang baru belajar mengemudikan mobil manual sudah menyerah, padahal baru beberapa kali saja. Salah satu alasannya adalah karena harus menyeimbangkan injakan kaki pada pedal kopling dan gas yang dirasa sangat sulit. Padahal jika Anda mau terus berusaha, hal ini masih bisa dipelajari jika Anda bersungguh-sungguh ingin menguasainya. 

 

Nah, untuk membantu Anda yang sedang belajar mengemudikan mobil manual, berikut akan dibagikan beberapa tips yang bisa Anda ikuti, antara lain :

 

  1. Ketahui terlebih dahulu fitur-fitur pada mobil Anda



    Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika belajar mengendarai mobil manual adalah mempelajari dengan seksama fitur-fitur yang ada pada mobil Anda. Hal ini dikarenakan setiap brand memproduksi mobil dengan fitur-fitur yang berbeda. Ada mobil dengan tuas lampu sign-nya berada di sebelah kana kemudi, namun ada juga yang berada di sebelah kiri kemudi. Hal-hal seperti ini perlu Anda ketahui dan perhatikan agar tidak menimbulkan kebingungan ketika tengah mengendarai mobil manual. Anda juga perlu mengecek fungsi klakson, tombol lampu hazard, hingga rem tangan dengan baik.

    Dan yang tidak kalah penting, Anda perlu belajar posisi perpindahan persneling atau gigi mobil. Anda harus hafal untuk cara memindahkan gigi dari posisi netral ke angka 1-5. Serta ada juga posisi “R” untuk membuat mobil bisa mundur.

  2. Belajar menyeimbangkan kopling dan gas hingga lancar



    Salah satu alasan banyak orang yang enggan belajar menggunakan mobil manual adalah harus belajar menyeimbangkan kopling dan gas dengan lancar. Padahal salah satu kunci dalam mengendarai mobil manual adalah hal tersebut. Untuk mempelajari hal ini, ketika hendak menjalankan mobil manual dari posisi parkir, posisikan kaki kiri Anda pada kopling dan kaki kanan pada pedal rem.

    Pastikan tangan kiri berada di posisi memegang rem tangan. Secara perlahan, turunkan rem tangan sambil melepas kopling secara bersamaan. Lepaskan juga kaki kanan dari pedal rem. Pelan-pelan akan terasa mobil mulai bergerak secara perlahan-lahan. Saat awal-awal belajar, kemungkinan mesin mobil akan sering mati mendadak karena pelepasan kopling dan penginjakan pedal gas yang tidak seimbang. Namun nantinya hal ini bisa teratasi jika sering berlatih dan semakin mahir.

  3. Saat melakukan perpindahan gigi, gunakan putaran mesin rendah



    Setelah Anda berhasil belajar menyeimbangkan kopling dan gas, selanjutnya Anda perlu membiasakan diri untuk memindahkan gigi. Untuk hal ini, sebaiknya Anda memindahkan gigi ketika mobil berada pada putaran mesin rendah. Namun bukan berarti Anda tidak diperbolehkan memindahkan gigi ketika putaran mesinnya tinggi. Hanya saja hal ini dimaksudkan agar dapat membantu Anda memiliki mental mengemudi mobil secara halus.

    Jadi, saat kondisi datar dan saat mobil tidak menyalip, biasakan untuk memindahkan gigi pada putaran mesin maksimum 2.000 rpm hingga 2.200 rpm. Selain bertujuan agar tidak terbiasa berkendara secara agresif, juga sangat membantu dalam menghemat penggunaan bahan bakar.

  4. Belajar memutar setir kemudi



    Langkah selanjutnya setelah Anda sudah mulai menguasai cara menyeimbangkan kopling dan gas serta mengatur kecepatan adalah belajar mengontrol kemudi. Karena umumnya setelah mengetahui cara mengendarai mobil manual, untuk gerak ban tak jarang kurang diperhatikan. Yang mana menyebabkan mobil berbelok terlalu melebar atau justru kurang. Untuk latihan ini tidak harus di jalan raya, namun bisa juga dilakukan di lapangan terbuka atau jalanan perumahan.

    Saat akan berbelok, putar setir kemudi secara halus dan coba rasakan ketika mobil mulai menikung atau berbelok. Jika terasa kurang menikung, Anda bisa menambah putaran setirnya. Ketika mobil sudah hampir sejajar dengan garis jalan, tahan putaran setir dan putar kembali setir ke arah yang berlawanan.

  5. Latihan di tempat yang tepat



    Untuk belajar mengemudikan mobil manual, salah satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah memilih tempat latihan yang tepat. Sebaiknya pilih lapangan yang cukup luas untuk belajar agar bisa berkonsentrasi penuh menghafal bagaimana cara menyetir mobil manual. Setelah sedikit demi sedikit mulai mahir, baru Anda bisa menjajal untuk latihan di lokasi yang lebih menantang, seperti jalanan umum, dengan catatan tidak terlalu banyak lalu lalang kendaraan agar lebih aman.

  6. Harus berkonsentrasi penuh



    Untuk belajar sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya, tentu ada rasa gugup, takut dan kekhawatiran tersendiri. Begitu juga ketika mencoba belajar mengendarai kendaraan roda empat dengan transmisi manual. Saat sudah memasuki kabin mobil dan bersiap untuk berlatih, pastikan Anda lebih tenang, lebih relaks, dan berkonsentrasi penuh. Jika Anda merasa gemetar atau belum begitu siap, sebaiknya tunggu hingga perasaan Anda mulai nyaman. Hal ini bertujuan agar lebih memudahkan ketika berlatih dan Anda juga bisa lebih berkonsentrasi. Sehingga tak menutup kemungkinan bisa menguasai cara mengemudi mobil manual sesegera mungkin.

 

Agar bisa mahir mengemudikan mobil manual memang membutuhkan waktu. Anda bisa mengikuti tips-tips di atas untuk mulai mempraktekkannya. Lakukan secara rutin agar Anda semakin terampil dalam mengemudikannya. Ada baiknya Anda meminta bantuan untuk melatih menyetir mobil manual dari teman, saudara, atau bisa juga mengikuti kursus menyetir mobil untuk membantu mengasah kemampuan ini. Baru setelah dirasa mulai menguasai dan berani, Anda bisa mulai belajar secara mandiri. Pastikan ketika berlatih, Anda juga memperhatikan keadaan sekitar. Jangan hanya terfokus untuk melihat ke arah depan saja, namun juga melihat kondisi sekitar, baik depan, belakang, kiri, kanan dengan menggunakan spion samping dan tengah, atau sunroof untuk melihat ke atas juga. Tak lupa, gunakan sabuk keselamatan sebelum berkendara dan pastikan penumpang Anda juga mengenakannya demi keamanan bersama.

Informasi ini dipersembahkan oleh : Cartalog ID

Comments

Popular posts from this blog

20 Daftar Mobil Bekas Harga 100 Jutaan - Juli 2020